Welkam

Selamat Datang di maygunrifanto.blogspot.com
Menyajikan Metode kerja Bangunan- Gambar kerja (Shop Drawing)- Menerima Pesanan Gambar

Selasa, 31 Januari 2012

Dapur Adalah Jantung Rumah Kita

Dapur bagaikan ‘jantung’ pada sebuah rumah tinggal, karena keberadaannya sebagai ruang untuk menyediakan sarapan, makan siang ataupun makan malam bagi sebuah keluarga. Keberadaanya kadang dipandang sebelah mata, yaitu dengan meletakkannya di area belakang rumah. Tetapi sekarang ini dapur tidak lagi sebagai ‘anak tiri’ dalam rumah. Bahkan sekarang ini dapur bisa menjadi primadona pada sebuah rumah, dengan menempatkannya di area depan, bersebelahan dengan ruang keluarga ataupun ruang tamu. Karena keberadaannya sudah tidak ‘ngumpat’ lagi, maka penampilannya pun harus disesuaikan atau dipercantik.

Untuk hunian yang mempunyai lahan terbatas, maka dapur harus lebih fungsional lagi, yaitu bisa mengakomodasi segala kebutuhan di dalamnya. Karena tidak memungkinkan untuk sebuah rumah mungil untuk membuat dapur dalam dua kategori, yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Bahkan saking terbatasnya ruang, dapur bisa berfungsi sebagai dua ruang sekaligus, yaitu ruang memasak dan ruang makan. Untuk menghemat space, biasanya dibuat meja breakfast yang menyatu dengan pantry, dengan konsep seperti meja bar ini maka tidak memerlukan meja makan formal lagi. 
 Dilihat dari segi kualitas, terdapat berbagai macam bahan yang mempengaruhi harga dapur tersebut. Hal ini terkait dengan bahan yang digunakan, apakah kayu solid seperti kayu Jati, kayu meranti, dll atau kayu olahan seperti Multiplek, Blackboard atau MDF (Medium Density Fiberboard). Untuk kayu solid, finisingnya juga terdapat beberapa cara, dari mulai Pelitur, Melamik atau Duco. Sedangkan untuk finising menggunakan bahan kayu olahan juga bisa difinishing seperti kayu solid atau memakai pelapis seperti HPL (High pressure Laminate) atau sejenisnya yang sudah banyak di pasaran. Sedangkan untuk top table nya juga terdapat berbagai macam pilihan seperti Keramik, Granite, Marmer atau stainless steel. Tetapi yang pasti, pilihlah bahan yang bisa tahan terhadap panas dan air.

Selain bahan, yang perlu diperhatikan adalah element pendukung di dalam ruangan dapur itu sendiri yang bisa menjadi pertimbangan dalam mendesain bentuk dapur. Contohnya bentuk ruangannya, warna cat dinding, plafond, lantai dan lighting. Sedangkan dilihat dari bentuknya terdapat beberapa macam type dapur contohnya:

1. Type Single Line
Dapur type ini hanya menempatkan area memasak dan mencuci dalam satu alur/sirkulasi. Dengan menempatkan satu cabinet dapur secara memanjang sesuai dengan space yang ada. Dapur seperti ini biasanya memang berada di area yang kecil.

2. Type Double Line
Untuk dapur type ini adalah dengan menempatkan cabinet dapur secara berhadapan, yang perlu diperhatikan dari type ini adalah bahwa posisi kompor dan sink tidak boleh saling berhadapan karena akan mengganggu sirkulasi di dalam dapur ini sendiri. Tempatkanlah posisi kompor dan sink secara sejajar, sedangkan cabinet di seberangnya bisa digunakan sebagai area saji atau pengolahan.

3. Type Letter U dan L
Untuk type ini bisa memungkinkan dibuat karena space yang ada cukup luas, tetapi tetap harus memperhatikan pola sirkulasi dalam dapur itu sendiri, yaitu menempatkan posisi sink atau kompor pada area cabinet yang berbeda agar tidak mengganggu sirkulasi keduanya.

4. Type Island
Sama seperti type letter L atau U, type island mempunyai space yang cukup luas, karena itu memungkinkan dibuatnya meja island yang berada di tengah dapur, fungsi dari meja island ini adalah sebagai meja saji setelah semua sudah selesai dimasak. Sekarang ini meja island sering digabungkan dengan breakfast table, sehingga island table bisa lebih fungsional lagi.

Type dapur single line mempunyai konsep yang fresh dan fashionable untuk anda yang berani tampil beda untuk dapur anda
Type dapur Double line dengan memanfaatkan salah satu cabinetnya sebagai tempat saji dan breakfast table.

Contoh dapur dengan konsep letter L, menggunakan cermin sebagai pengganti keramik diatas cabinet bawah, lighting yang tepat bisa membuat suasana dapur menjadi dramatis

salah satu contoh dapur yang mempunyai space kurang menguntungkan karena kecil dan area terpotong dengan jendela dan pintu, tetapi hal tersebut tidak menjadikan dapur ini ‘mati gaya’ dengan menempatkan kompor pada area sudut dan beberapa hanging cabinet.

type dapur yang menggunakan island secara fungsional yaitu sebagai meja saji dan breakfast table.

Berikut ini ada beberapa tips sebelum anda membuat dapur di rumah anda :

1. lebih baik konsultasi kepada ahlinya sebelum membuat dapur, dengan begitu fungsi dapur bisa lebih maksimal karena tiap orang mempunyai kebutuhan dan aktifitas yang berbeda. Setelah kebutuhan sudah sesuai, maka akan masuk pada konsep desain.

2. jasa pembuat dapur berfariatif, hal tersebut dilihat dari bahan yang digunakan dan finishing nya. Dan perlu diketahui bahwa harga cabinet bawah dan atas berbeda. Biasanya dipatok per meter lari. Dan harga cabinet tersebut tidak termaksud top table nya.

3. jangan lupa menggunakan lighting, selain sebagai penerangan, lighting juga sebagai pembentuk ruang agar terkesan dramatis.

4. Accessories yang diberikan pada jasa pembuatan dapur biasanya berupa accessories standar, jadi jangan harap anda akan mendapatkan accessories berbahan stainless steel secara gratis, biasanya harga accessories dibuat terpisah.

5. untuk dapur yang berukuran kecil, sebaiknya menggunakan warna yang terang, agar tidak terkesan gelap dan sempit. Untuk area keramik diatas cabinet bawah akan lebih terasa lega jika menggunakan cermin daripada keramik.


Dibawah ini kami tampilkan koleksi berbagai gambar, model, contoh dan desain dari rumah minimalis, semoga membantu anda dalam menetukan perencanaan Anda dalam membangun atau merenovasi sebuah rumah, semoga bermanfaat untuk Anda, jangan lupa sharing, agar blog ini semakin bermanfaat untuk kita semua. Semoga bermanfaat, dan terima kasih. 






Dapur Minimalis merupakan salah satu bagian ruangan yang umum terdapat di rumah kita sekarang, karena di dapur rumah melakukan kegiatan masak – memasak untuk seluruh keluarga. Seiring dengan perkembangan masyarakat dapur mulai berubah. Sebelumnya, pada umumnya, di dapur terbagi menjadi dapur bersih dan dapur kotor serta terletak terpisah dengan rumah utama terletak di sudut atau belakang rumah yang terkesan bahwa dapur tersebut kurang baik bila tamu atau dilihat oleh pihak luar, karena dapur terkesan kotor dan berantakan.
Tetapi sekarang karena tuntutan dan kebutuhan desain rumah yang memiliki lahan terbatas, dapur kotor dan dapur bersih diletakkan bersama-sama, kita sering menyebutnya dapur pantry. Hal yang perlu didesain bagus dan baik sehingga pemandangan indah, fungsional, aman , nyaman dan sehat. Dapat dikatakan bahwa tuntutan desain hari ini menjadikan dapur minimalis sebagai ruang di rumah yang bisa berfungsi ganda, tidak hanya sebagai tempat untuk memasak, tetapi juga tempat untuk menerima tamu, khususnya tamu yang telah dekat dengan kita . Berbagai aspek yang dapat mempengaruhi desain dapur minimalis / kitchen set di rumah anda, seperti : peletakan dapur, layout dapur, A desain dapur minimalis dan bahan yang akan digunakan.

Di sini kami ingin mencoba mengulasnya .

1. Peletakan dapur minimalis di rumah harus diposisikan di daerah yang tepat untuk mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, sehingga nantinya kita akan menciptakan dapur minimalis yang sehat, dan nyaman.

* Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik,A perencanaan peletakan posisiA dapur sebaiknya berdampingan dengan A area terbuka seperti taman.A agar bau yang tidak sedap dapat dengan mudah menyebar ke udara luar . juga dapat mencegah resiko kebakaran dari kebocoran pipa gas dan tabung, karena gas akan mudah membaur dengan udara luar. Ketika posisi dapur tidak memungkinkan mendapat sirkulasi udara alami bisa menggunakan exhaust fan ataupun cooker hood yang banyak di pasar .

* Pencahayaan dapat membunuh bakteri yang baik dan kuman di dapur, maka posisi harus memiliki jendela dapur minimalis atau berdampingan dengan area terbuka sehingga sinar matahari dapat menerangi dapur minimalis pada hari dapur. Jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan cahaya dari samping, maka cahaya alami bisa di dapat dari pencahayaan dari atas contohnya, dapur minimalis ditambahkanA beberapa plafon transparan agar cahaya dapat masuk

* Lantai dapur sebaiknya dibuat sama atau lebih tinggi sekitar 3cm-5cm dengan ruangan sekitarnya agar lebih mudah dalam membersihkan kotoran A dan menghapus sisa-sisa makanan olahan dapur. Flooring bahan material A dipilih yang perawatan mudah.

* Posisi dapur sebaiknya disesuaikan dengan kebiasaan pemilik rumah. Apabila pemilik rumah senang memasak dengan mengundang beberapa teman dan akan disampaikan langsung ke dapur dekat dengan ruang makan / dengan ruang keluarga atau memiliki meja mini di dapur.
2. Dapur modern memiliki berbagai macam layout, yang tergantung pada kegiatan dan kebutuhan pemilik dan ketersediaan ruang di rumah. Desain layout ini diharapkan dapat membantu dalam penggunaan nyaman dan fungsional. Dalam menentukan model yang sesuai dengan kegiatan kita dapat membuat alur kerja. Alur kerja diperoleh dari kebiasaan memasak dari mencuci , memasak dan mengambil bahan makanan dari kulkas. Arus dari kita akan mendapatkan bentuk layout dapur. Beberapa contoh layout dapur:

a) single-line layout

tata letak bentuk yang paling sederhana. Dengan meletakan sink, area memasak dan kulkas pada satu baris, hal ini dikarenakan gang dapur atau kawasan koridor berbentuk dengan peralatan minim dan hanya memiliki satu dinding.

b) Layout U
U-bentuk layout baik diaplikasikan bila kita memiliki ruang dengan sketsa area persegi besar. Karena layout ini diposisikan berseberangan dengan area wastafel masak dan bersebelahan dengan kulkas. Atau area memasak berada antara posisi sink dan kulkas. sehingga akan menghasilkan alur kerja yang kompak dan efisien.

c) Layout L
Bentuk yang tepat dari layout yang digunakan di dalam ruangan yang menginginkan dapur menyatu dengan ruang makan atau ruang tamu akan terbuka karena menentang sisi.Peletakan satu daerah wastafel dengan lemari es dan memasak.

d) Layout Breakfast Nook
Bentuk ini umumnya diaplikasikan pada dapur apartemen atau rumah mungil yang umumnya terbatas luasannya. tata letak ini juga termasuk di samping meja dapur breakfast A yang fungsinya seperti meja makan yang praktis.

3 kecepatan di pagi hari.

Hal pertama yang perlu melihat dalam mendesain dapur. tentukan style apa yang ingin anda gunakan di dapur anda apakah gaya colonial minimalis, klasik, dan. Harus disesuaikan dengan perabotan furniture dapur gaya di rumah Anda. karena akan terasa aneh bila furniture anda yang kebanyakan bergaya klasik tiba-tiba masuk ke dapur A minimalis.
Ukuran furniture dapur seperti kitchen set dalam ukuran harus hati-hati disesuaikan dengan kebutuhan.jangan sampai perabotan memasak seperti wajan, panci dengan ukuran berbeda dari properti Anda tidak bisa masuk ke dalam lemari. Untuk membuat daftar perabotan apa yang akan menjadi masukan kedalam lemari kitchen set anda dan mulailah mengukurnya.

Jangan lupa untuk memperhitungkan peralatan elektronik yang akan menempati dapur minimalis anda seperti kulkas, microwave dsb, karena alat elektronik tersebut mebutuhkan pasokan listrik, jadi kita harus mempertimbangkan lokasi stop kontaknya.

Pemilihan bahan yang akan mendukung keindahan menawan dapur Anda. Tapi jangan lupa untuk pelestarian materi dan bagaimana perawatanya. Pemandangan yang indah tetapi tidak perawatanya akan membengkakan tahan lama atau sulit pengeluaran Anda. Untuk itu kita harus mempertimbangkan biaya. Ada beberapa pilihan material untuk kitchen set yang berada di pasaran.

a. Bahan Kitchen Set
Pemilihan material untuk lemari kitchen set akan menentukan gaya Anda gunakan, seperti aluminium dan stainlesssteel menyebabkan kesan material,A penggunaan kayu modern dapat mengesankan klasik, modern, minimalis dan natural tergantung dari konsep desain dapur yang disesuaikan dengan konsep , Anda harus konsisten. Penggunaan material beton, efeknya akan menjadi dingin dan alami. Ketika ini cukup populer dan masih dalam penggunaan bahan seperti kayu. Karena kayu lebih mudah untuk menciptakan suatu style, mudah di padu dengan bahan lainnya. Material terhadap kayu yang dibagi menjadi 2 kayu solid dan kayu olahan. Kayu solid seperti jati lebih mahal tapi lebih tahan lama. Kayu seperti multipleks yang difinishing dengan kayu lapis jati, Sungkai, Mahoni, nyatoh atau Ramin.

b. Toptable untuk bahan yang berfungsi sebagai meja untuk memasak selain awet kita juga harus mempertimbangkan pengobatan. Ada beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai top table. Tacon adalah material paling sering ditemui di dapur untuk meja set karena paling ekonomis. Marmer yang akan memberikan kesan mewah, juga bisa diaplikasikan sebagai tabletop namun marmer memiliki pori-pori yang memungkinkan cairan masuk kedalamnya. Dan akan meninggalkan bekas bila terkena cairan harus di bersihkan, harganya cukup mahal. Selain marmer, granit bahan dari batu alam atau pengolahan batu granit yang tidak berpori dan lebih tahan lama terlihat mewah. Jenis dan harga juga bervariasi. Alternatif lain bisa menggunakan stainless steel yang mudah dibersihkan namun mudah tergores dan material tabletop dari bahan keramik / mozaik juga bisa menjadi pilihan.

Desain dapur yang fungsional membuatnya mudah bagi pengguna yang masak – memasak. Selain fungsional dapur masa kini dituntut untuk dapat melihat indah dan bersih seperti yang terintegrasi dengan lokasi ruang makan atau ruang keluarga di mana ruang dikumpulkan hanya untuk keluarga bahkan jika hanya santai dengan itu akan mudah jika dapur terlihat kusam dan kotor dan terlihat dari ruang makan dan ruang tamu, dapur dengan kata lain kita dapat menunjukkan bahwa sebagai tatanan interior yang layak untuk dinikmati penghuni rumah serta para tamu yang datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar