selamat datang di maygunrifanto.blogspot.com kami menyajikan metode kerja bangunan - gambar kerja (shop drawing) - menerima pesanan gambar - terima kasih atas kunjungan anda

Welkam

Selamat Datang di maygunrifanto.blogspot.com
Menyajikan Metode kerja Bangunan- Gambar kerja (Shop Drawing)- Menerima Pesanan Gambar

Kamis, 31 Maret 2011

Merencanakan Septic tank

Septik tank adalah tempat penampungan kotoran manusia ada disetiap rumah tetapi kadang kala perencanaannya di anggap sebelah mata kadang hanya yang penting ada septik tank, tetapi ketika menimbulkan maslah seperti mampet menimbulkan bau tidak sedap kemana-mana, mau sewa mobil sedot tinja harganya mahal untung kalo lagi megang duit gak masalah tetapi kalo lagi cekak...gimana, Septic tank sendiri terdiri dari pipa saluran dari kloset, bak penampungan kotoran cair dan padat, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dan udara. 

Animasi Septic tank


Agar septic tank tidak mudah penuh dan mampat, perlu diperhatikan hal-hal berikut:


Rencanakan Septik Tank dengan baik dan benar.

Perencanaan septik tank perlu direncanakan secara baik dan benar yaitu :
  • Posisi saptik tank kurang lebih rendah 30 cm atau lebih dari closed atau jamban usahakan menggunakan pipa pvc ukuran minimal 4". Rumah yang memiliki banyak toilet, sebaiknya menggunakan diameter pipa yang lebih besar. Buatlah saluran dengan lurus tanpa belokan, karena belokan atau sudut, rentan mampat.
  • Buatkan pipa pembuangan air dengan menggunakan pipa pvc ukuran 1,5" s/d 2 " ke selokan, posisi pipa dipasang miring dan berada di bawah pipa pembuangan dari klosed, untuk mengetahuinya tuangkan air kedalam klosed sampai kedengaran  suara aliran air di septik tank. kemiringan pipa minimal 2%, artinya setiap 100cm terdapat perbedaan ketinggian 2cm.
  • Buatkan pipa untuk keluar masuk udara agar proses pembuangan air dari closed atau jamban dapat berjalan lancar karna air akan cepat mengalir apabila kebutuhan udara mencukupi.
  • Sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan. Untuk rumah tinggal dengan jumlah penghuni hingga empat orang, cukup dibuat septic tank dengan ukuran 1,5mx1,5mx2m. Bak endapan dan sumur resapan bisa dibuat dengan ukuran 1mx1mx2m. Semakin banyak penghuni rumah, semakin besar ukuran yang dibutuhkan.
  •  Bak harus kuat dan kedap air. Dinding, dasar, dan penutup bak utama harus kedap air, agar limbah tidak mencemari lingkungan. Bak endapan dan resapan sebaiknya memiliki dasar berupa campuran kerikil dan pasir. 
  • Untuk mengurangi bau pada septik tank dapat kita buatkan biobakteri caranya sangat mudah dan sederhana atau pakai yakult/yogurt...

semoga bermanfaat dan selamat mencoba...!!!

1 komentar: