selamat datang di maygunrifanto.blogspot.com kami menyajikan metode kerja bangunan - gambar kerja (shop drawing) - menerima pesanan gambar - terima kasih atas kunjungan anda

Welkam

Selamat Datang di maygunrifanto.blogspot.com
Menyajikan Metode kerja Bangunan- Gambar kerja (Shop Drawing)- Menerima Pesanan Gambar

Kamis, 31 Maret 2011

Merencanakan Septic tank

Septik tank adalah tempat penampungan kotoran manusia ada disetiap rumah tetapi kadang kala perencanaannya di anggap sebelah mata kadang hanya yang penting ada septik tank, tetapi ketika menimbulkan maslah seperti mampet menimbulkan bau tidak sedap kemana-mana, mau sewa mobil sedot tinja harganya mahal untung kalo lagi megang duit gak masalah tetapi kalo lagi cekak...gimana, Septic tank sendiri terdiri dari pipa saluran dari kloset, bak penampungan kotoran cair dan padat, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dan udara. 

Animasi Septic tank


Agar septic tank tidak mudah penuh dan mampat, perlu diperhatikan hal-hal berikut:


Rencanakan Septik Tank dengan baik dan benar.

Perencanaan septik tank perlu direncanakan secara baik dan benar yaitu :
  • Posisi saptik tank kurang lebih rendah 30 cm atau lebih dari closed atau jamban usahakan menggunakan pipa pvc ukuran minimal 4". Rumah yang memiliki banyak toilet, sebaiknya menggunakan diameter pipa yang lebih besar. Buatlah saluran dengan lurus tanpa belokan, karena belokan atau sudut, rentan mampat.
  • Buatkan pipa pembuangan air dengan menggunakan pipa pvc ukuran 1,5" s/d 2 " ke selokan, posisi pipa dipasang miring dan berada di bawah pipa pembuangan dari klosed, untuk mengetahuinya tuangkan air kedalam klosed sampai kedengaran  suara aliran air di septik tank. kemiringan pipa minimal 2%, artinya setiap 100cm terdapat perbedaan ketinggian 2cm.
  • Buatkan pipa untuk keluar masuk udara agar proses pembuangan air dari closed atau jamban dapat berjalan lancar karna air akan cepat mengalir apabila kebutuhan udara mencukupi.
  • Sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan. Untuk rumah tinggal dengan jumlah penghuni hingga empat orang, cukup dibuat septic tank dengan ukuran 1,5mx1,5mx2m. Bak endapan dan sumur resapan bisa dibuat dengan ukuran 1mx1mx2m. Semakin banyak penghuni rumah, semakin besar ukuran yang dibutuhkan.
  •  Bak harus kuat dan kedap air. Dinding, dasar, dan penutup bak utama harus kedap air, agar limbah tidak mencemari lingkungan. Bak endapan dan resapan sebaiknya memiliki dasar berupa campuran kerikil dan pasir. 
  • Untuk mengurangi bau pada septik tank dapat kita buatkan biobakteri caranya sangat mudah dan sederhana atau pakai yakult/yogurt...

semoga bermanfaat dan selamat mencoba...!!!

Foto Proyek DR Apartement Bulan Maret 2011















Rabu, 30 Maret 2011

Metode Kerja Kolom Pada Bangunan Gedung

 Pekerjaan struktur atas melibatkan beberapa kegiatan antara lain adalah pekerjaan pengukurаn, pembesian, bekisting, pengecoran, pembongkaran bekisting, dan perawatan beton yang dilakukan pada elemen-elemen struktur atas seperti kolom, shear wall dan corelift, ok dan pelat lantai.

Kolom adalah struktur yang merupakan penyangga atau pilar yang akan menyalurkan beban atau gaya vertikal dan lateral ke pondasi. Konstruksi kekakuan kolom akan menentukan besarnya gaya lateral yang akan dipikul oleh kolom tersebut. Adapun besar kecilnya kolom (dimensi kolom) tergantung pada distribusi pembebanan. Urutan pelaksanaan pekerjaan kolom dapat dilihat pada gambar 1.1 berikut.
  • Stek Tulangan Kolom + Mаrkіnɡ
  • Pabrikasi Tulangan Kolom
  • Pemasangan Tulangan Kolom + Decking
  • Pemasangan Sepatu Kolom
  • Instalasi Pipa Elektrikal
  • Pabrikasi Bekisting Kolom
  • Instalasi Bekisting yang Telah Diberi Oil Form
  • Pemberian Beton Eksisting dengan Calbond
  • Pengecoran Kolom
  • Pembongkaran Bekisting Kolom
  • Perawatan Beton
Urutan Pelaksanaan Kolom
Marking Kolom

Fabrikasi Penulangan Kolom

Fabrikasi Bekisting Kolom

Sepatu Kolom

Pelepasan Bekisting Kolom
Bekisting Kepala Kolom

Perapihan Kolom
Penentuan Aѕ Kolom (Pemberian Mаrkіnɡ)
Titik-titik аѕ kolom diperoleh dari hasil pekerjaan tim survey yang melakukan pengukuran dan pematokan, yaitu mаrkіnɡ berupa titik-titik atau garis yang digunakan sebagai dasar penentuan letak bekisting dan tulangan kolom. Penentuan аѕ kolom dilakukan dengan menggunakan alat theodolite. Untuk pekerjaan pengukuran ini diperlukan juru ukur (surveyor) yang berpengalaman, khususnya dalam pelaksanaan gedung bertingkat (surveyor yang bersertifikat). Posisi аѕ kolom arah vertikal ditentukan berdasarkan аѕ kolom pada lantai sebelumnya. Proses pemindahan titik аѕ (axis) kolom dari lantai bawah ke lantai atas berikutnya dengan pembuatan lubang-lubang pada pelat lantai (gambar 1.2). Lubang-lubang tersebut nantinya ditutup kembali setelah pemindahan titik аѕ kolom selesai.

Posisi аѕ kolom harus sentris kedudukannya terhadap аѕ pada lantai sebelumnya, untuk itu dilakukan juga pengecekan dengan menggunakan benang dan unting-unting. Dengan bantuan titik-titik acuan bangunan yang sentris disetiap lantainya, maka dapat ditentukan letak аѕ kolom dan kemudian dibuat аѕ-аѕ yang lain dengan mengikuti jarak yang telah disyaratkan dalam perencanaan awal. Pengecekan аѕ kolom dilakukan dengan menempatkan alat theodolite pada mаrkіnɡ tersebut dan kemudian mengecek kelurusan mаrkіnɡ kolom. Penempatan titik kontrol pada proyek ini dilakukan pada pagar di salah satu sisi dan titik kontrol lainnya berada pada ɡƖіԁе over dikarenakan proyek ini berada tepat di pinggir jalan yang dilintasi oleh ɡƖіԁе over tersebut.

Contoh Gambar Kerja Kolom


Metode Kerja Pembongkaran Bekisting Kolom
  • Persiapan Lahan
  • Pembersihan Area Kerja
  • Pada saat dilakukan bongkaran kolom area kerja harus bebas dari aktifitas pekerja dan material proyek

Prosedur Pelaksanaan
  • Persiapan Alat TC (Tower Crane)
  • Persiapan Pekerja (2 Orang)
  • Tahap pertama melepas support bekisting kolom
  • Tahap kedua melonggarkan ikatan tie rod samping bekisting kolom
  • Tahap ketiga pengikatan sling TC ke bekisting Kolom
  • Tahap keempat pengangkatan bekisting kolom menggunakan TC
  • Bekisting Kolom diletakan ke area stock bekisting kolom
  • Pekerjaan Pelepasan Bekisting Kolom menggunakan Metode ini membutuhkan kurang lebih 10 menit
  • Repair kolom yang kurang mulus


sumber :

10 Desain Sempurna Pada Bumi

10 Desain Sempurna Pada Bumi, Bukti Kesempurnaan Tuhan Sang Pencipta


Salah satu temuan mutakhir di dunia sains yang menjadi buah bibir di kalangan ilmuwan adalah apa yang disebut prinsip antropis.

Prinsip ini mengungkapkan bahwa setiap detail yang terdapat di alam semesta telah dirancang dengan ketepatan yang sempurna untuk memungkinkan manusia hidup. Contoh kecil dari prinsip antropis ini dapat kita temukan pada fakta-fakta yang berkaitan dengan keberadaan bumi.

Dalam hal ini, seorang astronom amerika Hugh Ross dalam bukunya yang berjudul 'The Fingerprint of God, Recent Scientific Discoveries Reveal The Unmistakable Identitiy of The Creator' telah membuat daftarnya sendiri sebagai berikut.


1. Jarak bumi dengan matahari

Jarak matahari ke bumi adalah 149.669.000 kilometer (atau 93.000.000 mil). Jarak ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 148 juta km.



Dibandingkan dengan bumi, diameter matahari kira-kira 112 kalinya. Gaya tarik matahari kira-kira 30 kali gaya tarik bumi. Sinar matahari menempuh masa 8 menit untuk sampai ke bumi.

Jika lebih jauh:
Planet bumi akan terlalu dingin bagi siklus air yang stabil.

Jika lebih dekat:
Planet bumi akan terlalu panas bagi siklus air yang stabil



2. Gravitasi di permukaan bumi


Gravitasi permukaan dari sebuah obyek astronomi (planet, bintang, dll) adalah percepatan gravitasi yang berlaku pada permukaan obyek tersebut. Gravitasi permukaan bergantung pada massa dan radius obyek tersebut. Seringkali gravitasi permukaan dinyatakan sebagai rasio dengan ketentuan yang berlaku di bumi.

Jika lebih kuat:
Atmosfer bumi akan menahan terlalu banyak gas beracun (amoniak dan methana)

Jika lebih lemah:
Atmosfer bumi akan terlalu tipis karena banyak kehilangan udara



3. Periode rotasi bumi


Rotasi bumi merujuk pada gerakan berputar planet bumi pada sumbunya dan gerakan di orbitnya mengelilingi matahari. 

Jika lebih lama:
Perbedaan suhu pada siang dan malam hari terlalu besar

Jika lebih cepat:

Kecepatan angin pada atmosfer terlalu tinggi



4. Albedo



Albedo merupakan sebuah besaran yang menggambarkan perbandingan antara sinar matahari yang tiba di permukaan bumi dan yang dipantulkan kembali ke angkasa dengan terjadi perubahan panjang gelombang (outgoing longwave radiation).

Perbedaan panjang gelombang antara yang datang dan yang dipantulkan dapat dikaitkan dengan seberapa besar energi matahari yang diserap oleh permukaan bumi.

Jika lebih besar:
Zaman es tak terkendali akan terjadi

Jika lebih kecil:
Efek rumah kaca tak terkendali akan terjadi




5. Aktivitas gempa


Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut.

Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.

Jika lebih besar:
Terlalu banyak makhluk hidup binasa

Jika lebih kecil:
Bahan makanan dasar laut tidak akan didaur ulang ke daratan melalui pengangkatan tektonik




6. Ketebalan kerak bumi


Kerak bumi adalah lapisan terluar bumi yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5-10 km, sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20-70 km.

Penyusun kerak samudra yang utama adalah batuan basalt, sedangkan batuan penyusun kerak benua yang utama adalah granit, yang tidak sepadat batuan basalt. Kerak bumi dan sebagian mantel bumi membentuk lapisan litosfer dengan ketebalan total kurang lebih 80 km.

Jika lebih tebal:
Terlalu banyak oksigen berpidah dari atmosfer ke kerak bumi

Jika lebih tipis:
Aktivitas tektonik dan vulkanik akan terlalu besar



7. Medan magnet bumi


Magnetosfer bumi adalah suatu daerah di angkasa yang bentuknya ditentukan oleh luasnya medan magnet internal bumi, plasma angin matahari, dan medan magnet antarplanet.

Di magnetosfer, campuran ion-ion dan elektron-elektron bebas baik dari angin matahari maupun ionosfir bumi dibatasi oleh gaya magnet dan listrik yang lebih kuat daripada gravitasi dan tumbukan.

Jika lebih kuat:
Badai elektromagnetik akan terlalu merusak

Jika lebih lemah:
Kurangnya perlindungan dari radiasi berbahaya yang berasal dari luar angkasa



8. Interaksi gravitasi dengan bulan




Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit bulan mengelilingi bumi.

Besarnya gaya sentrifugal bulan adalah sedikit lebih besar dari gaya tarik menarik antara gravitasi bumi dan bulan. Hal ini menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3,8cm/tahun.

Jika lebih besar:
Efek pasang surut pada laut, atmosfer dan periode rotasi semakin merusak

Jika lebih kecil:
Perubahan tidak langsung pada orbit menyebabkan ketidakstabilan iklim



9. Kadar karbondioksida dan uap air dalam atmosfer



Atmosfer bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya.

Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam.

75% dari atmosfer ada dalam 11 km dari permukaan planet. Atmosfer tidak mempunyai batas yang langsung tapat berbatasan, tetapi agak menipis lambat laun dengan menambah ketinggian, tidak ada batas pasti antara atmosfer dan angkasa luar.


Jika lebih besar:
Efek rumah kaca tak terkendali akan terjadi

Jika lebih kecil:
Efek rumah kaca tidak memadai




10. Kadar ozon dalam atmosfer


Ozon terdiri dari 3 molekul oksigen dan amat berbahaya pada kesehatan manusia. Secara alamiah, ozon dihasilkan melalui percampuran cahaya ultraviolet dengan atmosfer bumi dan membentuk suatu lapisan ozon pada ketinggian 50 kilometer.

Ozon tertumpu di bawah stratosfer di antara 15 dan 30 km di atas permukaan bumi yang dikenal sebagai 'lapisan ozon'.

Ozon dihasilkan dengan pelbagai persenyawaan kimia, tetapi mekanisme utama penghasilan dan perpindahan dalam atmosfer adalah penyerapan tenaga sinar ultraviolet (uv) dari matahari.

Jika lebih besar:
Suhu permukaan bumi terlalu rendah

Jika lebih kecil:
Suhu permukaan bumi terlalu tinggi, terlalu banyak radiasi ultraviolet


Daftar di atas hanyalah sedikit contoh dari sekian banyaknya data yang melimpah tentang adanya prinsip antropis.

Namun, yang sedikit inipun cukup untuk menghancurkan mitos yang dipercaya para ilmuan materialis, yaitu bahwa keberadaan bumi beserta kehidupan yang terdapat padanya terjadi secara kebetulan melalui serangkaian peristiwa acak tanpa perencanaan.

Siapapun yang mempelajari data-data ini tidak akan gagal untuk sampai pada kesimpulan bahwa bumi ini merupakan tempat yang telah dirancang dengan tingkat kerumitan yang tak terbayangkan dan dengan kesesuaian yang sempurna demi keberlangsungan kehidupan di dalamnya.



Sumber :
**danish56.blogspot.com

**kabardunia.com

Selasa, 29 Maret 2011

flashdisk kita terkena trojan???

Pernah suatu kali flashdisk saya terkena Trojan. Kebetulan semua file dalam flashdisk tersebut saya masukin dalam folder masing-masing kategori. Dalam folder folder tersebut juga terdapat banyak anak cucu folder. Jadi, ketika flashdisk tersebut terkena trojan, semua folder ASLI secara otomatis terganti, atau lebih tepat lagi disembunyikan (entah oleh siapa) dan berubah menjadi file yang ber gambar icon persis seperti folder. Seperti yang kita ketahui, folder tidaklah memiliki extensi apa-apa. Namun flashdisk yang terinfeksi trojan, folder tersebut akan tergantikan dengan folder samaran yang berextensi *.exe. Kita yang tidak tau tentang trojan, akan mengira file/folder tersebut adalah file kita, padahal pada hakikatnya adalah:
Virus Shortcut
flashdisk kita terkena torjan, file/folder kita disamarkan nama dan iconnya oleh Trojan, yang sangat berbahaya jika kita membuka file/folder tersebut.
Bagaimana kita menandai itu file asli kita atau file trojan? Simplenya: folder tersebut ada extensi di belakangnya, misalnya: nama folder Anda “tugas kuliah“. Anggaplah folder tersebut berkapasitas 50MB. Nah, ketika folder tersebut disamarkan oleh trojan, folder tersebut bukan lagi bernama tugas kuliah, melainkan tugas kuliah.exe. Untuk memastikan extensinya, Anda perlu menampilkan extensi setiap file, caranya: klik tools >> folder option >> view>> uncheck Hide extensions for known file types. 

Dan Folder yang disamarkan trojan tersebut, kapasitasnya bukan lagi 50MB. Melainkan menjadi lebih kecil (namanya juga samaran) dan tidak sampai 1 MB (lupa berapa ukuran pastinya).

Dalam kondisi seperti ini, Anda tidak perlu panik. Karena menurut pengalaman saya, file kita tidaklah hilang. melainkan DISEMBUNYIKAN. Maka yang harus Anda lakukan adalah:

1] Scan flashdisk Anda dengan antivirus yang UPDATE.

Scan Komputer
Klik kanan -> scan

Setelah di scan (dan trojannya bersih), flashdisk Anda akan terlihat kosong tak berisi. Namun ketika Anda mengecek kapasitas flashdisk Anda, sama sekali tidak terlihat sebagai flashdisk yang kosong. Alias: file asli flashdisk anda disembunyikan (kok dari tadi ini-ini aja yach diulang…cape deh…).

2] Tampilkan kembali file flashdisk Anda dengan cara membuka Windows Explorer >> Tool >> Folder options >> View >> Show Hidden Files and Folders >> Uncheck Hide protected operating system files.
 
Windows Explorer >> Tool >> Folder options >> View >>

View >> Show Hidden Files and Folders >> Uncheck Hide protected operating system files


Trus baru deh klik kanan pada folder/file yang terhidden tersebut (yang di flashdisk) >> properties >> Uncheck Attribut Hidden. Biasanya nih, file yang tersembunyikan karena trojan, attribut hidden ini tidak bisa kita klik, alias locked. Jadi, file Anda tidak bisa ditampilkan! Kecuali dengan cara:

3] Tampilkan kembali file hidden Anda secara paksa dengan menggunakan software explorer alternatif selain windows explorer bawaannnya xp. Contoh: Windows Commander (shareware).

4] Jika Anda tidak bisa menemukan atau malas meng-install aplikasi alternatif, maka Anda dapat secara mudah menampilkan “locked hidden file” tersebut dengan menggunakan command promt. Klik Start >> Run >> ketik “cmd” >> tekan ENTER. Secara default, command prompt menghadapkan kita pada direcktory User. Misalnya C:\Document and Setting\user>. Untuk bisa menampilkan “locked hidden file” yang ada di flashdisk kita, masukkan perintah memanggil lokasi flashdisk. Anggaplah lokasi flasdisk Anda ada di drive E. Maka masukkan command “E:” tanpa tanda petik. Trus tekan Enter. Oke, langsung saja sampeyan tampilkan “locked hidden file” yang ada di flashdisk dengan mengetik command:
attrib -h

Kemudian tekan ENTER.

Dan seketika itu juga seluruh hidden file yang ada di disk kita akan ter-recovery seperti sedia kala.

Oke, itu hanya sekedar pengalaman aja, sudah beberapa kali ketemu kasus seperti itu. Pertama kalinya panik! Karena memang saya pikir seluruh isi flashdisk saya hilang. Namun ada rasa penarasan, kok flashdisk yang terlihat kosong namun pada saat membuka properties (mau liat kapasitas), kapasitasnya terisi. Saat itu saya menggunakan aplikasi windows commander. File hidden tersebut terlihat dengan jelas pada windows commander, dan bisa kita unhide secara mudah (kalo di windows explorer kagak keliatan, kecuali udah setting di opsi folder). Namun belakangna ini saya temukan trik mudah seperti tulisan di atas, yaitu dengan command prompt. Sangat sederhana, namum ampuh


semoga bermanfaat. Dan apabila ada yang salah, mohon diingatkan. Terima Kasih.

Sejarah perkembangan Java (bahasa Pemprogaman)

lambang java
Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.
Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidtdan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "Bapak Java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).

Senin, 28 Maret 2011

Trik membuat Origami Burung

Yuk Kita Belajar Membuat Origami Burung ! ikuti langkah langkah berikut...
1. Siapkan kertas ukuran 15cm x 15cm atau kertas khusus origami yang warna-warni itu.

2. Lipat kertas membentuk segitiga. Lalu lipat lagi menjadi segitiga yang lebih kecil. Dan sekali lagi lipat lagi jadi segitiga yang lebih kecil lagi. (kebanyakan kata ‘lagi’ nih..)


Setelah itu, buka lipatan segitiga. Maka kertas akan berpola seperti ini:
3. Lipat kertas seperti ini:
Buka lagi dan buat lipatan yang sama pada tiga sudut lainnya. Jadinya akan seperti ini:
4. Satukan sudut-sudut kertas dengan sedemikian rupa seperti ini:

5. Tarik ujung atas ke bawah dan tekan. Sama baliknya juga.
6. Tarik ujung kanan kiri ke tengah. Pastikan bagian yang membelah ada di atas. Lakukan hal yang sama di sisi belakang. Jadinya akan seperti ini:
7. Buka sisi-sisinya sehingga sisi yang terlipat jadi ada di depan. Putar 180°.
Abis diputer:
8. Tarik ujung bawah ke atas. Kasih jarak sekitar 5 mm antara ujung yang dilipat sama ujung atas.
Lakukan hal yang sama di sisi satunya.
9. Buka sisi yang terlipat seperti langkah ke-7.
10. Tarik sisi depan & belakang bersamaan secara perlahan. Sisi tersebut adalah sayap burung. Seiring dengan mengembangnya sayap, bagian tengah alias badan burung akan ikut menggembung. Hati-hati saat menarik, soalnya kalau kecepetan, badan burung bisa sobek & bentuknya jadi nggak bagus.
11. Terakhir, buat paruh burung dengan cara menekuk salah satu sisi yang lancip. Nanti sisi satunya akan menjadi ekor burung.
 Dheng... Dhengggggggg ! ! ! ! ......... Jadilah burung kertas kita!